Bermain PS2 scph-90006 / 900xx menggunakan flashdisk/HD eksternal

Cara memasang hardisk eksternal pada PS2 scph-90006 / 900xx

      Selamat pagio agan agan sekalian pecinta game. Pasti bingung yan memiliki PS 2 tapi tidak bisa dipasang hardisk. Kali ini ane bakalan mereview cara bermaik game dengan hardisk khususnya bagi agan agan yang memiliki PS2 berseri scph-90006. PS2 
     Slim Seri 90006 adalah seri terakhir keluaran dari Sony, dimana seri ini tidak bisa memainkan game langsung lewat booting melalui aplikasi FreeMcboot pada Memory Card. Asiknya bisa bermain ps2, tapi jika sering digunakan pasti si optik bakal melemah dan akhirnya rusak, sayang duit bakal habis jika untuk ganti optik saja. Agar membuat si optik jadi lebih awet, maka game ps2 di convert dan disimpan di dalam flashdisk/harddisk eksternal, untuk bisa bermain menggunakan flashdsik/HD eksternal maka di butuhkan Free Mcboot. Namun Free Mcboot bisa digunakan untuk versi scph-100xx sampai scph-7xxxx, untuk versi scph-900xx tidak bisa (kecuali ganti modchip).

    Tapi tenang semua ada solusinya kok agar bisa bermain menggunakan flashdisk/HD eksternal meskipun pakai cd pancingan yang disebut Ulaunch.elf. Begini caranya. Cekidot gan
Yang di butuhkan antara lain;
  1. Ulaunch.elf (dvd)
  2. dvd-r kosong
  3. flashdisk/harddisk eksternal ( untuk flashdisk minimal 4gb)
  4. USBUtil 2.0
  5. game ps2 yang sudah berformat .iso atau .bin
  6. OPL 0.9.2 
  7. PlayStation2 slim console scph-9000x
 Cara penggunaan:
  1. Download Ulaunch.elf dan extract di folder yang kalian suka. Burning dengan dvd-r kosong menggunakan nero atau IMGBurn dll. Untuk tutorial burningnya silakan klik disini
  2. Download USBUtil 2.0 dan extract di folder yang kalian suka (untuk memudahkan buat folder dengan nama yang sama, USBUtil 2.0). Jalankan aplikasinya, ketik close di sebelah "make a donation" untuk melanjutkannya
  3. pasang flashdisk/hd ekternal ke dalam pc (catatan: format flashdisk/hd eksternal harus FAT32 bukan NTFS, jika NTFS maka harus di format dan pilih FAT32)
  4. Klik "file" di program USBUtil lalu pilih "create game from ISO"
  5.  Untuk kolom "from" cari game ps2 yang berformat .iso atau .bin dan untuk kolom "to" adalah lokasi untuk menaruh game di flashdisk/hd eksternal. Bisa di ganti nama gamenya sesuai keinginan kalian di kolom "Name for the new game", jika sudah tinggal klik "create"
  6. Tinggal tunggu saja hingga prosesnya selesai, lamanya proses tergantung besarnya game tersebut, daripada bosan menunggunya bisa kali minum segelas kopi atau makan dahulu :D. Jika sudah klik close. Jika mau menambah gamenya tinggal di ulangi saja caranya dari no.4. Tutup deh programnya.
  7. Misal jika aplikasi USBUtil sudah di tutup tapi mau nambah game lagi, tinggal buka kembali aplikasinya, pilih "file" lalu "open game list <ul.cfg>". Lalu cari file Ul.cfg di flashdisk/hd eksternal di kolom "directory", jika sudah klik filenya (sebelah kanan) lalu klik "load". Ulangi langkah ke-4 untuk menambah game.

  8. Download OPL 0.9.2 dan extract ke flashdisk/hd eksternal.
  9. Siapkan console ps2, cd Ulaunch.elf yang sudah di burning tadi, flashdisk/hd eksternal (saya pakai flashdisk), dan memory card ps2 untuk menyimpan pengaturan OPL 0.9.2
  10. Masukan cd Ulaunch.elf ke ps2 dan nyalakan ps2 hingga muncul seperti ini ( maaf jika photo kurang bagus, langsung photo dari televisi )
  11. Tekan "O" untuk melanjutkannya, lalu pilih "mass:" lalu tekan "O", sehabis itu pilih folder OPL 0.9.2 dan kembali tekan "O", pilih "OPNPS2LD.ELF" dan kembali tekan "O"

  12. Jika muncul seperti gambar di bawah berarti program OPL sukses diaktifkan. Hingga sampai sini buka penutup cd dan ambil cd Ulaunch.elf karena sistemnya sudah beralih meggunakan flashdisk/hd eksternal. Pilih "settings" dengan menekan "X"
  13. Di dalam settings yang perlu di perhatikan adalah "Check USB game fragmention" yang sebelumnya on menjadi off, dan dari "USB device start mode" hingga "Applications start mode" yang sebelumnya off menjadi manual. Sehabis itu pilih OK dengan menekan "X"
  14. Pilih "Save Changes" untuk menyimpan pengaturan OPL ke dalam memory card (bukan flashdisk/hd eksternal)
  15. Jika sudah tekan tombol "Start" dan di situ terdapat pilihan dari USB games hingga aplication games, pilih USB games lalu tekan "X" untuk membaca flashdisk/hd eksternal, jika sukses akan muncul judul games yang terdapat di flashdisk/hd eksternal. Pilih game yang ingin dimainkan (contoh saya pilih Digimon Rumble Arena 2) lalu tekan "X" untuk memulai gamenya. Ingat jangan kaget kalau layar nanti akan berubah warna terus-menerus karena hal itu adalah proses loading game.
  16. Dan akhirnya main game deh pakai flashdisk/hd eksternal :D
  17.  
Catatan:
      Jika ingin mereset game, harus di mulai seperti cara no.10 atau pakai cd Ulaunch.elf terlebih dahulu. Atau jika tidak mau ribet menggunakan cd Ulaunch.Elf maka ganti modchipnya biar mudah.

      Cara-cara ini tidak memerlukan Free Mcboot dan mudah di praktekkan. Jika game gagal loading biasanya disebabkan Flashdisk/HD Eksternal belum pernah di lakukan defrag. Untuk itu di biasakan di defragmenter supaya lancar.


Jika ingin menggunakan Ulaunch.elf di CD-R, silahkan download dulu Ulaunch.elf versi CD di sini.

Selamat mencoba... :)





thanks to google 
dengan sumber dari
http://galihjalusaputra.blogspot.co.id/2014/08/bermain-ps2-scph-90006-menggunakan.html

Apabila masih bingung bisa tanya2 aja? Tulis saja di komentar ya gan
Terima kasih gan
salam anak 90 an
salam gamer

17 comments:

  1. Replies
    1. gan ane bingung gan, sudah ane copy dan instal ke disc. tapi kok gak kebaca. kira kira apa ya gan. ada solusi kah.
      trims

      Delete
    2. sama satu lagi gan, ps kalo sering di ambil kaset saat pertengahan permainan , apakah gak mersak ps itu sendiri.

      Delete
    3. jadi gini gan/sis. menurut ane itu cd agan yang bermasalah. coba ganti cd baru dulu.
      kalo masih bermasalah brati optiknya.
      saran ane pake dvdr gan yang baru dan kualitas bagus.

      Delete
    4. kalo ini kan kaset atau dvd hanya pemancing untuk beralih ke hardisk.
      menurut saya gak masalah gan. malah optiknya jadi awet gan.
      trims. semoga berhasil gan.

      Delete
  2. gan, setelah di burn brati kan dvd dimasukkan. setelah pindah ke hardisk kaset buka aja kan. takut rusak ane gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah sukses gan, cuman tanya itu aja. maaf jadi banyak tanya. trims

      Delete
    2. gan, aman gan. sampe sekarang buktinya PS ane gak rusak gan.
      ok gan gpp. kalo masih bingung komen aja gan.
      thanks.

      Delete
    3. Oke sama2 gan,kalau masih bingung bisa comment lagi gan.
      Thanks

      Delete
  3. saya sudah burn tapi ke CD-R, tidak terbaca bootnya saat PS di nyalakan, optik saya masih bagus.

    apa harus pakai DVD-R ? untuk burningnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dulu dvd r gan, saya dulu pakai dvd r masalahnya

      Delete
  4. kalo udah berhasil, cara main lagi setelah PS dimatikan gmn gan?

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. sudah dijelaskan diatas gan, terima kasih telah berkunjung

      Delete
  6. GAN KITA UDAH BELI PS 2 SERI 9000..UDAH PAKE MOBO TAPI NGAK BISA PAKE PLASHDISK....SEDANGKAN DVD NYA UDAH RUSAK.....

    ReplyDelete

Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai

Assalamualaikum, selamat malam gan, apa kabar semua, saya harap baik-baik saja. Sudah malam saya tidak update lagi, hehehehehe. Sebelumnya a...