Cara Merawat Aki Kering

Cara merawat aki sebenarnya dapat kita lakukan sendiri dengan sangat mudah. Kendaraan sepeda motor sekarang ini tidak bisa lepas dengan yang namanya aki (accu). Hal itu di karenakan kendaraan bermotor jaman sekarang hampir semuanya menggunakan tehnologi injeksi. Seperti yang kita injeksi adalah sebuah mekanisme sistem yang menggantikan karburator guna memperoleh kinerja mesin yang efektif serta injeksi dapat menghemat BBM rata – rata hingga 20%.

Dalam mekanisme kerjanya injeksi menerima suplai bahan bakar dari pompa yang berada di dalam tangki bahan bakar di mana pompa tersebut dapat bekerja kalau di suplai dengan arus listrik yang cukup yang bersumber dari aki. Tidak hanya pompa bahan bakar yang membutuhkan suplai listrik dari aki, tapi injeksi juga membutuhkan suplai bahan bakar dari aki.

Kedua komponen tersebut merupakan komponen yang membutuhkan suplai bahan bakar yang tidak sedikit maka dari itu kita tidak boleh menyepelekan aki supaya aki dapat bertahan lama. Pada dasarnya aki di bedakan menjadi 2 jenis:

Cara Merawat Aki

1. Aki Basah
Aki ini di sebut aki basah karena didalamnya terdapat  cairan Asam Sulfat (H2SO4). Dan untuk jenis aki basah ini di perlukan perawatan berkala agar cairan dalam aki tetap berada pada batas / garis minimal,apabila cairan sudah berada di bawah garis minimal, maka harus di isi dengan menambah air aki.

2. Aki Kering

Cara Merawat Aki 
Aki kering atau orang menyebutnya aki MF (Maintenance Free Bateray) di alamnya mengandung gel guna mengganti cairan elektrolit. Gel ini memiliki sifat yang sulit menguap, bahkan jika menguap sekalipun maka uapnya akan kembali lagi ke dalam wadah aki, jadi aki ini tidak memerlukan proses isi ulang air aki seperti pada aki basah. Arus aki kering juga lebih besar dari aki basah dan juga aki kering lebih tahan lama.

 Berdasarkan perbedaan kedua jenis aki di atas maka tak heran kalau saat ini banyak kendaraan baru yang menggunakan aki kering, karena hampir kendaraan baru semuanya menggunakan sistem injeksi. Motor injeksi tidak akan bisa nyala kalau akinya tekor jadi kita harus tahu bagaimana caranya agar aki kering dapat bertahan lama. Kali ini saya akan berbagi tips pada anda cara merawat aki kering agar tahan 5 tahun.

Cara Merawat Aki Kering

1. Panasi kendaraan tiap hari selama 5 – 10 menit
Memanasi motor tidak hanya bertujuan untuk membuat mesin motor awet tapi juga bisa membuat aki tetap stabil.

2. Berkendara di atas kecepatan 60 km/jam selama 10 – 20 menit.
Hal ini bukan bertujuan untuk mengajak anda kebut – kebutan di jalan bukan, tapi bertujuan agar pengisian aki dapat berlangsung dengan arus listrik yang full bukan setengah – setengah. Berdasarkan pengamatan saya motor yang jarang di pakai / berjalan lambat akinya hanya mampu bertahan 1 tahun sedangkan motor yang sering digunakan jalan cepat akinya dapat bertahan hingga 5 tahun.

3. Jangan menggunakan aksesoris tambahan
penggunaan aksesoris tambahan seperti lampu HID atau klakson besar akan menyerap arus listrik yang besar pula dan akhirnya akan memperpendek umur aki.

4. Jangan memaksakan electric starter bila motor sulit hidup
Idealnya menekan electrik starter adalah 5 detik. Apabila lebih dari 5 detik motor tidak mau nyala sebaiknya di hentikan dan tunggu jeda 5 detik lagi baru di pencet lagi tombol electric starter, karena electric starter sendiri menyerap arus listrik yang lumayan besar dari aki, jadi beri kesempatan aki untuk kembali stabil.

5. Periksa kabel terminal
sesekali periksa kabel  yang menghubungkan aki supaya terminal aki tetap pada kondisi bersih dan usahakan mur / baut aki dalam kondisi kencang. Hal ini bertujuan agar terminal aki tidak mudah keropos.

Anda juga perlu membaca Cara merawat motor matic injeksi dan Cara membuat lampu motor lebih terang

Nah, demikian tadi adalah tips dari saya supaya aki kering anda bisa awet hingga 5 tahun. Cara seperti itu sudah saya terapkan pada motor saya Honda Megapro dan Honda Beat. Kalau untuk Honda Megapro saat ini februari 2015 sudah berjalan 4 tahun dan untuk beat sudah berjalan 5 tahun dan sampai saat ini masih belum ada kendala.
Terimakasih telah berkunjung di blog saya, semoga artikelnya bermanfaat.
sumber ;  http://www.otojan.com/2015/02/cara-merawat-aki-kering.html

No comments:

Post a Comment

Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai

Assalamualaikum, selamat malam gan, apa kabar semua, saya harap baik-baik saja. Sudah malam saya tidak update lagi, hehehehehe. Sebelumnya a...