Air radiator berkurang akibat kebocoran koin (freeze plug) di blok mesin

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakaatu

Air radiator berkurang akibat kebocoran koin (freeze plug) di blok mesin 

Selamat siang agan agan sekalian, apa kabar semua? . Sudah lama sekali ane tidak posting di blog ini. hehehe. Pada siang ini ane akan sedikit bercerita tentang kebocoran radiator mobil akibat koin di blok mesin yang retak atau rusak. Sekilas info mobil ane timor DOHC gan. Oke langsung aja ke TKP, hehehe

Beberapa bulan yang lalu ane dibikin pusing sama air radiator yangh tiba-tiba berkurang. Saya cek sewaktu mesin masih mati tidak ada kebocoran sama sekali. Setelah ane nyalakan mesin, ditunggu sekitar 5 menit, muncul lah air radiator dari sisi depan blok mesin.

Ane sempet bingung itu gan, secara ini mobil pertama ane, maklum baru punya mobil. wkwkwkwkwk. Jadi masih bingung tenteng permobilan. hehehe 

Sebelum ke penanganan ane sedikit cerita aja, apa itu koin (freeze plug) di blok mesin, hasil nanya - nanya dan cari-cari info koin blok mesin adalah lempengan berbentuk koin yang biasanya terletak dekat silinder atau bagian head silinder yang tugasnya mencopot diri sendiri jika terdesak pemuaian air radiator. Menjaga agar silinder yang harganya mahal tidak pecah. Hanya koin aja yang bocor dan harga relatif murah. 


Setelah saya cari info kesana kemari,, ada beberapa penanganan untuk masalah ini yaitu

1. Ganti coin 

2. Lem dengan lem besi di bagian koin yang bocor

Dari 2 saran diatas saya sementara memakai saran yang nomer 2 gan. Dan Alhamdulillah masih aman sampai sekarang. Lebih bagusnya sih saran nomer 1 . Akan tetapi waktu itu koin yang bocor di area yang sulit/sempit. Sehingga saya memutuskan untuk menambal saja koin tersebut.Untuk lankah lanhgkah menambalnya nanti akan saya share. 

Sekian share dari ane siang ini
Terimakasih 





No comments:

Post a Comment

Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai

Assalamualaikum, selamat malam gan, apa kabar semua, saya harap baik-baik saja. Sudah malam saya tidak update lagi, hehehehehe. Sebelumnya a...